Carilah Topik TA, Anakku …

Carilah topik TA, anakku …
Carilah seluas samudera dan sedalam lautan

Carilah dan berhentilah mengeluh pada dunia

Carilah topik TA, anakku …
Carilah dan segeralah lulus
Karena hidupmu tak berarti lagi

Hanya duduk-duduk di bangku kuliah yang tua

Carilah topik TA, anakku …
Carilah dan janganlah cepat puas
Karena perjuanganmu tak berhenti sampai sini
Masih ada padang pasir yang harus kau temukan oase-nya

Carilah topik TA, anakku …
Garis mati* mu hampir tampak
Keriputmu mulai bermunculan
Sebelum kau menjamur dan membusuk

Hanya duduk-duduk di bangku kuliah yang tua

(23 September 2006, sembari menatap nanar di balik layar komputer)

---------------------------------------------------------------------

*) terjemahan harfiah dari deadline

Tuh .. kata sapa saya ga bisa menulis puisi ?
Tunggu saja … tungguhlah debutku, teman-teman ! Nanti kalo kumpulan puisi saya dah banyak, akan saya buat buku tandingan kumpulan prosa dan puisinya Dewi Lestari yg saya beri judul ‘Filosofi Pancasila’ … (mohohoho … nasionalis sekaleee !)

11 comments:

Anonymous said...

carilah keenakkan sendiri, agar hidup lunak.

ning, dengan menulis puisi hidup pasti enak dan lunak. itu kupasti.

Anonymous said...

jijik banget deh puisi loe...
nista gw bacanya :)):))
udah deh, topik TA mah, pasrah sempuran
sekarang realistis, topik yg gampang, dosen pembimbing baek, supaya cepat lulus

Syahdana said...

Hahaha, kocak Lel. Debut yang oke. Gw saranin judul bukunya 'Filosofi Cumi' :D.

golas said...

Deuh mbak nots ...
gitu aja kok jijik sih ... Gimana kalo ngeliat kecoa coba ?? Hohoho ..

Anonymous said...

Jadi membayangkan dosen pembimbing gw datang ke suatu sudut lab (di mana gw sedang browsing2 gak jelas) dan mengatakan puisi ini.. Ampun. Maafkan saya ibu.. :(

Anonymous said...

gila, gw jadi tersentuh... terhenyak... ter, apa ya?

Anonymous said...

gila, gw jadi tersentuh... terhenyak... ter, apa ya?

Anonymous said...

pusi lu bangus banget le ...
cepetan atuh bikin bukunya ..
ntar janagn lupa kasih tau gw dimana penerbit ama distributornya ..
biar bisa gw borong gitu bukunya ...

bukannya apa apa niy le,
gw ga rela ntar ada orang yang nyaci maki puisi lu ..
gw juga ga rela klo ntar puisi lu ga ada yang mo beli ..

jadi biar gw borong aja d
spy keliatan laku

huahahaha ....

golas said...

Makaseh, wet ...
Lu emang manusia yang penuh empati. Ntar gw bikinin deh puisi buat lu yang berjudul : *Sahabat Yang Hina*

Beni Suryadi said...

buka puasa bareng yuk?

+emang kita kenal?+

ga tau juga deh, hehehe

Anonymous said...

...please where can I buy a unicorn?