Reportase Seminar

Akhirnya saya seminar. 31 Mei 2007 pukul 09.00.

Ga ada yang aneh-aneh sih. Tapi buat temen2 yang belum seminar, bacalah ini ! Penting buat referensi …

Saya nyiapin seminar TA ampe jungkir balik. Begadangan nyiapin slide, latian presentasi sambil komat-kamit sendiri, pasang sesajen, dan puasa sayur (alias maunya makan daging mulu). Pokoknya komplit lah …

Terus pas hari H-nya, bapak pembimbing telat. Akibatnya di ruang seminar, penonton mulai membrutal dan harus disogok pake Coki-coki dulu biar terkendali. Sambil nunggu dosen, saya bersengkongkol sama dibon. Intinya pas seminar, saya nge-request si Dibon buat ngajuin pertanyaan yang udah saya rancang. So pasti saya udah punya jawabannya dunk. Dan kayaknya kalo saya jawabnya pake gaya orasi-nya Soe Hok Gie, hasilnya bakal keren dan memukau getoh. Begitulah imajinasi saya …

Bapak dosen datang …

Seminar dimulai …

Saya presentasi …

10 menit kemudian …

Penonton bosan : Ibu Dosen Penguji (IDP) matanya ngantuk, Dosen Pembimbing (DP) masih mencoba memperhatikan, si dibon menguap, febrian menghela napas, jidat deasy berkerenyit, yang lain tahpapa …

Akhirnya sesi tanya jawab….

IDP mengajukan beberapa pertanyaan. Saya gatau ngomong apa, yang penting mah ada suaranya dan ibunya mangut-manggut. Ibunya nanya lagi … saya mengeluarkan suara … ibunya manggut-manggut … ibunya nanya lagi … saya mengeluarkan suara … ibunya manggut-manggut .. gitu aja seterusnya ...

Terus tiba giliran penonton dipersilahkan bertanya …

Pas mulai ada yang nanya, entah mengapa IDP dan DP malah asyik ngobrol. Awalnya sih cuma ngobrol enak (hohoho…kok kaya iklan kopi). Tapi kok ngobrolnya ga berenti2. Hati saya jadi kejot2. Soalnya habis ini harusnya giliran si Dibon yang nanya.

Ih, ternyata mah bener. Pas si Dibon nanya, IDP dan DP udah makin harot aja ngobrolnyah. Saya yang lagi jawab pertanyaan Dibon malah ga diwaro. AAAAARGGGHHH !!!

Padahal kan di sini harusnya eik keliatan eksis !! Saya jadi gugup, ngerasa ter-distract, dan jadi lupa sama jawaban yang uda saya rancang. Alih2 saya malah ngomong :’duh, saya lupa mau jawab apa…’. Itupun tetep ga diwaro ma dosen. Yawdah, pertanyaannya ga jadi dijawab ampe tuntas. Hohohohoho … toh yang nonton juga ga peduli saya mo jawab apa … hihihi …

Yah, sutralah….

Sekarang yang penting rasanya udah lega. Utang seminar udah terbayar. Saya jadi makin bebas gangguin temen2 yang belum seminar (hohohoho….hayo lo…hayoo loh….!!). Adapun moral dari cerita ini adalah …

Rancanglah skenario seminar Anda dengan baik !
Pastikan teman bayaran Anda bertanya di saat yang tepat !


NB : Buat semua yang udah dateng ke seminar dan ngasih support ke saya, thanx a lot yak ! :)

7 comments:

Anonymous said...

Masa sih lel? Kata weno aksi lo begitu memukau dan membuatnya hanyut dalam pencerdasan dari lo..
Halah ga sih, dia cuma bilang content lo bagus. Hehe..
Perlu ya merancang skenario.. Tapi emang sih waktu proposal gw ga ada skenario sama sekali, dan memang dibantai dengan indahnya oleh penguji.

Anonymous said...

Pastikan teman bayaran Anda bertanya di saat yang tepat !

Oi oi..., jadi maksud km itu salah sy gak bertanya di saat yg tepat? Cih, bukannya makasih! Gak sepadan bayaran setangkai coki2 yg keras dengan pertanyaan sy dan hinaan km di blog ini. Huh. Hehe, pis pis... Makasi ya Lel, uda mw dateng di seminar sy jg. Hoho...

Anonymous said...

Hohohoho beneran, kemarin seminarmu sugoi tenan kok lel, keren, mbawainnya juga enak kok, aku jadi ngerti apa yang pengen kamu capai di TA mu

ternyata ada skenarionya ya kakakaka
kamu percayanya sama dibon sih, seharus nya hired actor yang lebih profesional

Anonymous said...

seminar yang aneh ... menjawab pertanyaan sambil tertawa licik lalu berkata ’duh, saya lupa mau jawab apa…'

peserta seminar disogok coki-coki yang gw sendiri lupa ngecek tanggal kadaluarsanya(curiganya siy udah deket .. soalnya tu coki-coki keras banget) ..

Hahahaha ....

btw, salah satu efek negatif dari seminar lu adalah ... gw ga bisa bilang "tunggu lely seminar dulu" klo ada yang nanya kapan gw seminar

Anonymous said...

Lely.. masih inget gua ga? kita dulu temen Kendo waktu TPB..

btw, kamu pake temen bayaran? haisyah.. akmu bayar berapa per orangnya? hahaha...

*survey untuk seminar semester depan*

golas said...

@rime
Iya, inget dunk. Rima temennya Devi kan yak. Ma, temen bayaran mah dibayar seikhlasnya aja. Hahahaha ...

Rika The Lost Wanderer said...

hehehe jd pengen seminar secepatnya nih...(bukan pengen kali rik, HARUS!)