Cicakophobia !

Pernah denger cicakophobia ?
Ya jelas aja belum, soale itu terminologi bikinan sendiri.


Di dunia ini …

ciailah .. bahasanya .. jijay ah ! ganti dulu …


Di kehidupan yang fana ini …

Ada
orang yang ga suka liat kecoak, ada yang ngeri ngeliat peniti karatan, ada yang takut ngeliat kuda lumping. Nah, kalo saya takut ngeliat cicak. Lebih tepatnya histeris.

Anehnya … semakin takut kita sama sesuatu, biasanya malah semakin dihantui. Beberapa kali saya ketiban sial oleh cicak. Misalnya, tas saya lagi kebuka. Pas pagi2nya saya buka tas, tiba2 ada cicak lagi nangkring di situ sambil dadah-dadah. Padahal di sebelah tas saya, ada tas kakak saya yang juga kebuka lebar. Saya jadi tanya kenapa …


Terus karena takut sama cicak, saya malah jadi tau kebiasaan2 cicak di kosan saya, antara lain :
  1. Cicak suka makan semut. Di pojok kamar saya ada sarang semut. Kalo malem, suka ada cicak turun gunung ke situ. Sebenernya saya gatau juga sih tu cicak lagi makan semut atau ngecengin semut. Mungkin juga cicak moderen sekarang lebih praktis : tak ada nyamuk, semut pun jadi.
  1. Cicak tidak suka main komputer.Letakkanlah sisa makanan di meja makanan, niscaya esok kau jumpai cicak lagi ngutil di sana. Tapi beda kondisinya kalo sisa makanan saya taro di atas monitor komputer. Biasanya aman tuh … Ini menandakan cicak2 jaman sekarang masih belum melek teknologi dan kurang suka main2 dekat komputer.
  1. Cicak ga akrab satu sama lain. Saya jarang tuh ngeliat ada dua cicak lagi main guling2an kaya anak kucing (kalopun ada, itu sama sekali nggak cute, sodara-sodara…). Dua cicak yang saling bersua, biasanya malah berkelahi. Tapi konfrontasinya nggak baku hantam, alias cuma ngeluarin suara2 aneh. Buntutnya biasanya bergetar2. Mungkin saat itu mereka sedang mengeluarkan caci-maki yang kalo di Indonesia-kan jadi semacam : “pergi! dasar anj*ng lo!” (padahal jelas2 mereka adalah cicak).
  1. Cicak suka fashion. Cicak kayaknya salah satu species yang punya taste of fashion. Cicak yang biasa2 aja umumnya warnanya cokelat mulus. Cicak semacam ini kurang suka dandan dan lebih percaya pada kemampuan intelejensi-nya ketimbang fisik. Ada juga cicak preman yang badannya bontol2 item. Ini kamuflase penting untuk nakut2in lawan. Cicak yang abis liburan dari sun bathing biasanya item kelem. Kalau Anda beruntung, bisa juga nemu cicak gaul dengan motif batik atau bunga2.
  1. Cicak kecil suka ge-er kalau diliatin. Ini merupakan hasil penelitian saya dan deasy. Dari hasil pengamatan, kami mengeluarkan postulat bahwa : cicak kecil semakin diliatin malah makin ngedeket dan gampang jatuh. Hal ini terjadi dua kali dalam hidup saya dan itu membuktikan bahwa cicak kecil memang gampang ge-er.

Waktu kecil saya pernah takut masuk WC gara2 ada cicak nemplok di pintunya. Karena udah kebelet pisan, saya berusaha ngusir cicak sambil mengibas2kan tangan dan menendang2 udara. Tapi si cicak kayaknya malah terpana melihat attraction show dari saya. Akhirnya saya nahan pipis dan duduk di ruang tipi. Ada Kenalan Ibu Saya (KIS) lagi di situ …

Saya : Duh, kebelet pipis …

KIS : Lho, terus kenapa ga pipis ?

Saya : Ada cicak di pintu WC. Diusir2 ga bisa pergi.

KIS : Ealaaah … tadi lagi ngusir cicak toh. Pantesan … kirain lagi latian karate atau apa …


Begitulah kisah percicakkan dalam hidup saya. Mungkin ada yang mengalami gejala cicakophobia yang sama? Jangan bersedih, tetaplah hidup. Sebagai penutup, saya mengutip nasihat bijaksana dari ibu saya di telepon :

“… kalau ada cicak, coba diliatin aja terus. Sambil baca subhanallah. Lama-lama keliatan lucu juga, kok. Cicak juga kan mahkluk Tuhan. Yawdah, mama dipanggil papa makan malem dulu ya …”

8 comments:

Unknown said...

Ati-ati jeng. Batas antara benci dan cinta itu sangat tipis. Eniwei, nambah satu lagi kebiasaan cicak: mereka hobi main musik. Seperti cicak di rumah saya. Kalo tengah malem, mereka ngemut karet gelang di belakang lemari, terus digoyang2in sampe terjadi benturan yg sinkron dan koheren antara karet gelang dan papan lemari. Bunyinya kira-kira...
"Mencintaimu... seumur hidupku... selamanya... " Jago tho si cicak.

Brahmasta said...

Gw dulu sempet geli ama cicak. Pernah jalan-jalan di betis gw soalnya, dan bergerak terus ke atas. Ternyata cicak porno juga.. Lo belum tau kan lel? Hati-hati loh..

Unknown said...

lel, kamu ngasih ide jahil ke saya...
dimana ya cari cicak-cicakan imitasi? kamu tahu nggak?

Anonymous said...

gua sih ga takut cicak.. gua takutnya sama tokek, hiii,,

Anonymous said...

le, gw bingung sebenernya lu itu benci cicax tapi pengetahuan lu ttg cicax luas bangt. Jangan2 arti benci buat lu itu 'bener-bener cinta' ya ?

golas said...

@febrian
ya meneketehe ih ! jijay !

@rime
kalo tokek malah gapapa. Soalnya ga tembus pandang dan gelenyer2 kaya cicak. Hihihihi ... (tapi bukan berarti gw mau pegang juga si..)

@towet
Kalo lu benci sesuatu, kadang2 malah jadi sering merhatiin. Bukankah itu yang terjadi antara lu dan abang2 D yang dulu sering kita gunjingkan itu. Wakakakaak...

Syahdana said...

Wah, balada yang mengharukan antara cumi-cumi dan cicak...
Hm... jadi penasaran sama ekspresi muka lu waktu ngeliat cicak. Apakah akan tetap datar juga? :))
Oya Le, gimana kalau ada cicak segede orang?

Anonymous said...

ada terapi yang mudah dan sederhana untuk mengatasi hal ini..
termasuk yg takut air, takut ketinggian..dll deh..
hubungi : [sensored]
kl takut sih ga, tp bergidik aja
(hehe ini takut ga ya..:P)