Sampah Domestik

Kemaren saya pulang liburan ke Bekasi selama 7 hari. Di salah satu hari saya main ke rumah sakit di Pelni Petamburan. Terus saya jalan-jalan ke toilet wanita (acara berlibur yang aneh …). Pas lagi asik2nya menikmati interior toilet, saya melihat ada tong sampah seperti yang tampak pada gambar berikut :











Sugoi banged, saya baru tau …
sejak kapan ya ada istilah ‘Sampah Domestik’ ?

Kirain yang ada cuma ‘sampah organik’ dan ‘sampah anorganik’. Itu aja saya masih suka bingung ngebedainnya, misalnya : kalo saya nemu mayat di jalan, ke manakah saya harus membuang ? Ke bak sampah organik atau anorganik ?

Kemudian ada orang2 yang berbaik hati menerjemahkan istilah biologi tersebut ke dalam bahasa yang lebih awam : ‘sampah makanan dan basah’ dan ‘sampah plastik dan kertas’. Kalau yang ini saya jadi ngerti.

Terus sekarang ada ‘sampah domestik’. Apakah maksudnya adalah sampah dalam negeri ? Jadi, kalo ada bule yang mau buang tisu bekas ingus berarti ga boleh di bak ini (karena ingusnya dikategorikan sebagai benda dari luar negeri) ?

8 comments:

Brahmasta said...

Tapi lel, kan kemungkinan besar ingusnya diproduksi waktu si bule nya berada di dalam negeri. Berarti itu produk lokal. Tissuenya juga kemungkinan besar dibuat di indonesia. Jadi ya dia boleh buang di bak itu.
[Penting banget ya? TA woi..]

Anonymous said...

Wah mau dong tempat sampah domestik di Bandung. Jd akhirnya saya tau badan km cocoknya dibuang kemana. Sampah, eh salah, nyampah km Lel.

Anonymous said...

tempat sampah domestik tuh yang maksudnya buat buang pembalut ya, lel?

golas said...

@giaferdi
OOOOOHH....begitukaaaah .....
sugoi, gia ... ternyata lu begitu peka soal ... pembalut ...

Anonymous said...

ck ck...sampah domestik itu, brarti sampah yg dihasilkan dlm rumah tangga, such as kertas, plastik, bekas minuman kotak, yups pembalut juga masuk, dll
makanya, sampah di rumkit dipisah
kan hasil pembuangan mereka banyak bgt, incl jarum suntik, kapas bekas ngebersihin darah, dll sejenisnya :D

Anonymous said...

Sugoi teh nitnots...
Kok tau tho kaya begituan? Emang pengetahuannya luas, ato perna part-time cleaning service di RS? Hihiy, pis pis...

golas said...

@nitnots
Hooo...geto toh ?
mokaseh ya mbak. Kini aku jadi tau ...

Baiklah teman2, nantikan postingan blog 'Mengapa begini? Mengapa begitu?' selanjutnya ...

Anonymous said...

mungkin, maksudnya 'domestik' pada frase tersebut adalah sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga atau dapur.

jadi intinya sama aja sama sampah organik..

*mungkin loh*