Horoscope dan Sifat, apa hubungannya ?!

Suatu hari di kamar teman kos saya, terjadi percakapan antara saya dan si empunya kamar :

”Lel, lu kan scorpio ya... Katanya orang scorpio itu sifatnya nggak cocok, lho, sama Cancer...”
”Oh, gitu ya... Eh, lu bukannya Cancer yah ?”

”Iya”

”Hooo...mungkin itu sebabnya kita suka berkelahi sampe guling-guling ya...”

Hihihi...percakapan yang 2 baris terakhir itu kagak penting. Intinya, setelah percakapan itu saya jadi mikir2 : emangnya ada, ya, hubungan antara horoscope dan sifat seseorang ?

Yang namanya horoscope sesorang itu kan ditentukan berdasarkan waktu kelahiran. Nah, yang namanya ’waktu kelahiran’ jelas nggak ada hubungannya dengan sifat seseorang kan?!? Apa iya anak yang lahir di musim hujan lantas jadi anak yang pemalu lantaran jadi jarang main petak umpet ma temen-temennya di luar rumah? Atau apakah anak yang lahir di musim pancaroba lantas menjadi anak yang rajin membawa payung ? (makin ga nyambung...)

Terus karena penasaran dan iseng, saya coba googling* dengan kata kunci ’Horoscope dan sifat’. Hasilnya...ga ada yang nyambung!

Ada satu link ke portal forum yang ternyata di dalamnya membahas tentang kaitan antara sifat dan horoscope seseorang. Sayangnya, pembahasannya hanya dikhususkan untuk karakter wanita saja. URL-nya ada di : http://forum.webgaul.com/archive/topic/40497-1.html

Lalu, saya baca bahasan tentang bintang saya. Uhmmm...beberapa hal memang sesuai seperti kenyataannya, tapi tak terlalu banyak yang mirip. Saya yakin, kalau memang isi situs itu benar, tidak mungkin ada yang 100% mirip dengan apa yang dijabarkan. Toh, kalau orang sudah lama hidup, pasti ada pengaruh lingkungan (seperti keluarga, teman, pendidikan) yang turut andil membentuk atau mengubah karakteristik asli. Ya, toh ?!

Oh ya, saya paling bingung juga waktu di situs itu dikatakan bahwa wanita Scorpio sangat pemarah dan suka membanting-banting barang. Jadi, saya klarifikasikan di sini bahwa saya sama sekali tidak suka banting-banting barang kalau sedang marah. Apalagi gelas minum saya rata-rata terbuat dari melamin dan piring makan saya jumlahnya terbatas. Jadi, paling banter juga saya cuma jeduk-jedukin kepala ke dinding... (Ahahaha...nggak deng!)

Kemiripan antara isi situs dengan kenyataan mungkin cuma kebetulan saja kali ya ? Soalnya ada juga peserta forum ,which is seorang cewek Capricorn, yang protes lantaran nggak mirip sama sekali dengan sifat2 horoscope-nya. Terus ada peserta forum lain yang mengejek dia sebagai ’wanita Capricorn jadi-jadian’. Hehehehe....kasian amat yah.

Yang jelas, saya sih nggak percaya akan adanya benang merah antara horoscope dan karakter seseorang.

Anda lagi iseng? Coba deh, dicek URL di atas terus baca horoscope Anda atau teman wanita Anda (untuk yang laki-laki). Mirip, nggak? Terus kalau Anda masih ada waktu untuk iseng, kirimkan lagi pendapat Anda ke blog ini...

Apakah Anda percaya akan adanya hubungan antara Horoscope dan sifat seseorang ?
(Hehehe...kok, saya jadi ngerjain orang gini ya ?)

-------------------------------------------------------------------------------
* )
Beberapa teman saya dengan ngaconya menerjemahkan googling sebagai ’guling-guling’. Padahal maksud saya, googling adalah searching di internet melalui bantuan www.google.com.

13 comments:

Anonymous said...

lely....kayaknya gue kenal omongan itu..omongan yang scorpio dan cancer..
mm..gue sih percaya-percaya aja tuuuu..
mungkin aja ada sifat yang dimunculkan berdasarkan pergeseran bintang-bintang..
[halah!! makin ga jelas aja gue..]
dosa ga percaya gituan??
intinya..meskipun bintang ga cocok, tapi kalo hati cocok... [apa coba?]
hayuu aja...
lely menyuruh gue untuk ga komentar aneh2... :|

golas said...

Iya tih, kayaknya gw juga kenal tuh ama omongan itu.

Itu teh ...BUKANNYA OMONGAN KITA BERDUA YA ?!?!

Anonymous said...

Ah, menyedihkan sekali kalo hidup ditentukan oleh horoskop, berarti daerah cakupannya menyempit dong. Jangan sekali-kali percaya pada horoskop dan ramalan, terutama yang buruk2. Tapi kalo ramalannya baik, berharap aja mudah2an terjadi.
After all, horoskop dan ramalan tu omong kosong. Kalo masalah golongan darah, gw baru percaya, wong itu ilmiah kok.

Anonymous said...

masak sih lel? gue ga inget gue pernah ngomong sesuatu yang ga ilmiah gituhhh
[mencoba lari dari kenyataan...]

Syahdana said...

Horoscope dan sifat, hubungannya : orang suka menghubung-hubungkannya (naon...). Yah, kadang ada juga efek di mana justru orang malah tersugesti sama horoskop.
Mungkin aja ada hubungannya, dan mungkin aja 'ilmiah', cuma... belum ada aja yang nemuin.

golas said...

Iya, wen...
Gw juga setuju ama opini lu, meskipun gw sama sekali gak ngerti apa maksud lu ...

Syahdana said...

Ada orang yang tadinya ga bersikap seperti yang dikatakan di horoskop. Tapi setelah baca horoskop malahan dia tersugesti dan jadi seperti itu.

pramadesa said...

ini ya, gw punya pendapat. dan gw minta lo untuk menghargai pendapat gw dengan baca ampe habis dan bilang gw hebat! (hahaha, narsis gila!)

kalo ibu" mengandung anak biasanya kan ngidam. nah, menurut lo ada hubungan antara ngidaman si ibu dan 'bentuk' si anak g?

menurut gw ya, sifat seseorang itu sudah dibentuk dari saat dia berada dalam kandungan. misalnya, kalo ibunya suka banting" buku waktu hamil, anaknya jadi kutu buku.
dan dari waktu kelahiran lu itu, bisa ditentukan, kira" gimana keadaan sekitar lu pada saat lu dikandung sampe tepat saat lu lahir. nah, hal ini lah yang berpengaruh.

tapi ya, kalo ttg zodiak itu. kebanyakan dia ngambil sifat" generik manusia aja, bener/gak kebetulan biasanya. coba aja lo baca yang zodiak lain, sama g ama lu.

** setelah gw liat, ternyata postingannya sampah, jadi lu g perlu bilang gw hebat deh. cukup traktir aja, gimana? bisa? (hehehe)

golas said...

Nggak kok, jay.
Postingan lu brilian !

Dan sesuai permintaan lu, gw akan bilang :

"GW HEBAT !"

Wakakakak....

pramadesa said...

gw bukan minta bilang 'gw hebat'!
tapi bilang gw hebat!
(ada bedanya tuh!) hehehe ...
btw, klo lo emang pengen dibilang hebat, boleh deh gw bantu.
lu hebat lel!
tapi .... cepek nya mana?

finyai said...

kayanya ga ada hubungannya deh,le.
klo ada hubungannya ya masa smua org di dunia cm terbagi 12 jenis seh??
kan setiap org tuh ga mungkin ada yg sama persis..
klo ada hubungannya jg paling hubungan yg sangat2 jauh skali

Anonymous said...

I'm impressed with your site, very nice graphics!
»

WHAT IS LIFE...? said...

Hmmm...
Bintang dan karakter...
Bintang itu adanya dilangit
dan karakter adanya pada manusia di bumi. jadi nggak nyambung ya.. jauh soalnya antara bumi dan langit..
(aneh nggak sih??) (^^,)

Btw kalo gwe sih nggak percaya sama yang begituan, karena jodoh rejeki dan nasib seseorang kan Tuhan yang mengatur, bukan karena zodiak.. ya kan??

love, peace, rock n roll..
-angga-