Jentik Nyamuk dan Detol

Saya ini alergi sama cicak. Ini maksudnya alergi as in jijik, bergidik, ogah ngeliat, dan rasanya pengen ngejambak rambut orang kalo ada cicak.

Nah, di kamar mandi itu ada lubang ventilasi yang suka jadi tempat cicak masuk. Dulu kalo ada cicak masuk, saya jadi malu kalo mau mandi. Bukan muhrim.

Akhirnya lubang ventilasinya ditutup pake kertas yang teksturnya aga berserat2 rongga gitu. Maksudnya biar ada aliran udara. Walhasil kamar mandi saya bebas cicak deh ... tapi jadi aga pengap juga .... hmmmm, tapi bebas cicak lho ... walau aga pengap juga ...

Di suatu hari, pas saya mo mandi, tiba2 saya ngeliat cacing2 kecil menggeliat di bak mandi. Saya langsung freak out. Ampe nelpon nyokap.
(S: Saya. N:Nyokap .... bukan Nyamuk)
S: "Ma, itu di kamar mandi ada cacing banyak banged!"
N: "Wah, dateng dari mana ya ....
S: "Cacingnya ada kepala2nya gitu, ma"
N: "Oh, itu sih jentik nyamuk..."

Hoooo....dasar ble'o ... ga bisa bedain cacing ma jentik nyamuk. Akhirnya saya kenalan sama spesies yang satu itu. Mungkin si jentik jadi suka di bak mandi secara di kamar mandi ga ada cicak yang makan mama-nya lagi. Jadi si mama jentik bisa dengan suka cita bertelor di situ.

Meskipun prihatin, saya ga bisa membiarkan ada jentik di bak mandi. Ntar kalo ampe ketelen pas lagi kumur2 gimana? (*eh, ga usah dibayangin ampe segitunya kaleeeeee.....*).

Akhirnya saya beli Detol deh. Katanya sih ga berbau dan berwarna. Terus saya tuangin sedikit ke bak mandi. Efeknya luar biasa, lho. Tiba2 kek ada kabut2 dalam air gitu ... dan pas kabutnya ilang, tiba2 air bak mandi saya jadi bau. Persis kek bau rumah sakit.

'Hei, wasup bro? berubung ga ada cecak, gue bertelor dulu di bak mandi ahh...'

Susah ya, bo. Itulah akibatnya kalo mengacaukan siklus dalam ekosistem. Ingat rantai makanan? jentik dihasilin dari nyamuk - nyamuk dimakan cicak - cicak dimakan jerapah - whatever ...

Kalo cicak nya saya usir? Tentu saja nyamuk-nya jadi banyak. Untuk sementara ini Detol masih jadi solusi. Jadi kalo ada yang deket2 saya, terus aga2 kecium bau mayat diawetin gitu, ya harap maklum aja ya ...

6 comments:

Anonymous said...

Apanya yg bukan muhrim? Bukannya km uda ijab qobul ama semua cicak2 jantan di kamar km?

Unknown said...

lely bau karbol ya?

kena karmanya cicak lu lel

Unknown said...

kamar mandinya lely lebih parah dari kamar mandi saya rupanya... :D

Anonymous said...

gimana kalo skalian miara ikan (gurame sebagai contohnya) di bak mandi..sebab ikan makan jentik juga..lumayan kan jentik punah..ikan pun dikunyah..

(http://tutee.wordpress.com)

Rika The Lost Wanderer said...

ehh jadi inget raditya dika yang waktu dia numpang pipis di rumah orang, trus ada ikan gtu di dalam bak mandi... hemmm bukan muhrim juga dong ya!

Anonymous said...

tmen gw jg ada yg miara ikan jenis mas koki (yg murahan) di bak mandinya..sayangnya tu ikan ngga sengaja keciduk n nyemplung ke kloset dg suksesnya..*sigh*..susah bner nasib jd ikan..