Managing Money

Kemaren sempet ada 3 ekor temen saya yang nanyain cara bikin catatan pengeluaran. Meskipun belum bisa ’mengelola’ uang dengan baik, bisa dibilang kalau saya cukup rapi ’mencatat’ semua pengeluaran saya. Mowahahahaha! (*ketawa sombong*).

Baidewei, inget ya ... ’mengelola’ dengan ’mencatat’ itu hal yag berbeda, guys. Saya cukup rajin mencatat dan tau di mana pos-pos pengeluaran terbesar saya, tapi sampai saat ini masih belum berhasil menyisihkan gaji secara rutin buat ditabung. Untuk uang tabungan, saya lebih mengandalkan ’uang kaget’ di luar gaji, misalnya : THR, insentif, tunjangan anak sekolah (*meskipun anak saya belum sekolah ... eh, bentar ... malah belum punya anak deng ...*), sama uang nemu di jalan. Tapi kalau gaji ... selalu ludes dengan suxesnya tiap bulan.

Untuk bikin catatan keuangan, saya bikin 2 buku : (1) Buku Corat-Coret, (2) Rekap Bulanan. Berikut kisahnya ...

Buku Corat-Coret
Ini buku buat nyatet pengeluaran harian kita. Ga perlu rapi, tapi kalo bisa disediain kolom2 buat nyatet duit yang keluar masuk dari hari Senin ampe Minggu.
Biasanya buku ini saya taro di samping tempat tidur. Jadi, sebelum bobo, ketimbang Anda ngelamun jorok, mending inget2 lagi hari ini udah pake duit buat apa aja, terus dicatet deh.

Bisa diliat sendiri kan, kalau buku ini isinya emang beneran ’corat-coret’. Bagian yang sudah dipindahin ke Rekap Bulanan biasanya saya coret.

Rekap Bulanan
Buat rekap keuangan bulanan, biasanya saya bikin pake Excel. Intinya, rekap ini digunakan untuk ngumpulin secara rapi semua catatan dari buku corat-coret sebelumnya. Biasanya saya nge-rekap minimal tiap akhir minggu (*itulah nasib jomblower di akhir pekan*) terus dicocokin lagi jumlahnya sama yang di tabungan. Kalau cocok berarti aman, kalau ga cocok berarti saya sudah main korupsi!

Buat rekap ini, biasanya saya bikin pos-pos sbb:

(1) Saldo Awal Tabungan
(2) Pemasukan

  • Pemasukan Rutin, mis : gaji, pemasukan dari ortu
  • Pemasukan Non-rutin, mis : THR, insentif, pemasukan tiba2 dari ortu karena kesian liat anaknya lagi miskin.

(3) Pengeluaran

  • Pengeluaran Rutin, mis : sisihan uang buat ditabung, kamar kos, makan, pulsa, buku, de el el..
  • Pengeluaran Non-rutin, mis : pengeluaran gara2 gak sengaja kena tilang, dipaksa nraktir temen, atau iseng pengen ngelinting uang seratus ribu buat dijadiin rokok.

(4) Saldo Akhir Tabungan



Untuk tiap pos-pos pengeluaran, saya punya alokasi dana tertentu. Misalnya buat ’Makan + Transportasi’ sebulan harusnya Rp.600.000,-. Jadi, kalo pengeluaran dah mulai melebihi jatah, berarti sudah saatnya ngejambret untuk cari duit jajan tambahan (lho?).

Ya, you got my point lah ... Baidewei, ini contoh format rekap yang saya pake :

Contoh format rekap laporan keuangan sederhana. Kalo mau yang lebih keren, tanya aja sendiri sama Safir Senduk.

Secara saya udah ngekos sejak SMA, bokap nyokap dah nyuruh saya bikin laporan keuangan sejak saat itu (mungkin bonyok takut anaknya kebanyakan jajan narkoba). Awalnya sih males banged dan selalu lost buat nyatet. Akibatnya, akhir bulan selalu menjadi ajang bagi saya dan kakak2 saya (yang waktu itu ngekos juga) untuk mengarang laporan. Baru setelah kuliah tingkat 3 laporan keuangan saya bisa ’agak’ diyakini kebenarannya. Hohoho ...

Tapi setelah kerja, saya jadi bisa ngerasain manfaatnya bikin beginian. Seenggaknya ini bisa jadi satu langkah buat belajar ’mengelola’ uang yang benar. Pinginnya bulan depan udah mulai bisa mengontrol napsu belanja dan nabung dikit2. Tapi saya sih optimis berhasil sodara-sodara! Soalnya bulan depan dah puasa dan pastinya terlalu cape buat syoping! hehehehe....

Okai dah ... happy managing money !

7 comments:

Rika The Lost Wanderer said...

Jeng, bisa di-upload aja ga softcopy template rekapnya? *banyak maunya XD*

golas said...

@rika
dih, malu ah jeng...

Anonymous said...

kallo gw pake ini lel..


tinggal export ke excel..
trus diolah..

enak, kan abis ngeluarin duit tinggal entri di hp

Anonymous said...

wah hebad..ada general ledgernya segala..ada debit..ada kredit..btw ada kolom ngutang ngga ya?hehehe

Anonymous said...

Wow.. keren bener Lel. Bisa ditiru nih kayanya.

Anonymous said...

lel,
alokasi pengeluaran rutin buat traktir gw harap ditambahkan ... hehehehe

gw juga sering berencana bikin beginian. 2 bulan kerja siy jalan.
Tapi sekarang males lagi ....

tatats said...

lely..eike nyontek ya format rekapnya..hehehe *yg juga kos dr kelas 1 sma tapi tetep gagal nyatet pengeluaran smpe skrg :p*-ta2t-