Kartini ... harum namanya ...

[Lab SI, Sabtu, 21 April 2007 / pukul 15:21 WIB]
Selamat hari kartini semuanya !
Ceritanya sekarang saya lagi ngerjain TA di lab. Bosen deh ! Percayalah, adek-adek yang belum mengambil TA ! TA itu menjemukan ! Jadi, jika kalian bisa lulus tanpa mengerjakan TA, maka kalian sangat beruntung !

Baidewei, tentang Kartini ...
sekarang masih ada nggak ya perayaan buat ibu Kartini di sekolah2 ?
Dulu pas smp (kalo ga salah), perayaan Kartini sempet di-ban gara2 lagi krismon ya. Abis itu, setahun, 2 tahun, 3 tahun sesudahnya pun ga diadain lagi. Saya ga inget tuh pernah ada perayaan Kartini pas sma.

Kenapa ya ?
Padahal mah kalo alasannya *takut buang2 duit* atau *musti prihatin gara2 ekonomi indonesia lagi krisis* ... yah itu sih tergantung kreatipitas sekolahnya aja. Kan bisa tuh ngadain lomba merancang konde, lomba lari pake jarik, lomba perang pake tusuk konde, atau lomba2 lain yang murah meriah. Yang penting mah tetep ada semangat nasionalismenya.

Padahal perayaan2 kayak gitu kan penting ya biar bikin generasi muda kita bisa tetep bangga ma bangsanya ! Saya aja bangga kok dulu bisa pake kebaya meskipun ga dikonde ! (waktu SD rambutnya ga cukup lebat buat dikonde).

Cih ! Kenapa saya jadi marah2 gini. Sebenernya dari tadi kebelet pipis sih. Nulisnya jadi buru2. Caw dulu ah ...

7 comments:

Anonymous said...

Yang kerasa sih, sepertinya bangsa kita udah lupa terhadap nilai-nilai luhurnya sendiri, juga budayanya sendiri.

Sekolah gw ga ada kayaknya dulu. Gw rasa sekolah lain juga ga ada.

Mungkin kebanyakan sekolah ga ngadain perayaan buat ibu Kartini, tapi ironisnya Pensi jalan terus.. :D

Baitewei juga..
Gw mencoba membayangkan lo pake konde lel..
Susah ah.. :p

Syahdana said...

Jadi teringat dulu waktu SD... pawai baju daerah keliling sekitar sekolahan. Tapi ya udah, cuma pas SD aja. Makin ke sini makin jarang bersentuhan dengan hal-hal berbau kebudayaan.
Untungnya, tadi pagi-pagi saya masih lihat di TK dekat kosan saya, anak-anaknya pakai baju daerah, meski nggak sampai pawai.
Gimana dengan kita ini pemuda-pemudi? Masih mau nggak ya pakai-pakai baju daerah? Atau malah lebih bangga pakai baju negara orang lain? Bisa dilihat contohnya tuh di kampus kita, heheh...

Anonymous said...

Oo gini ya tingkah laku jeng Lely yg ngakunya ngerjain TA? Cih, ternyata di belakang punggungku km malah nge-blog. Bageuus Lel... Hehe...
Hmm, perasaan dari SD sy ga perna ngerasain perayaan hari Kartini deh. Emg ada gitu ya? Gak masuk Cirebon kayanya... :P

golas said...

iya bon.
Cirebon itu kan bukan bagian dari kepulauan Indonesia bukan ?
cirebon tuh apaan sih ?

Anonymous said...

kenapa hari kartini diidentikkan dng make baju nasional yaa??
g bgt dehhh...msh mending, berbaju nasional modifikasi...
hr gini make kebaya ma jarik?? gimana naik motor ato ngejar angkot???
realistis aja dah..
btw..apa arti hari Kartini bwt kelyan2 sekalian?
bwt gw: emansipasi itu kebebasan utk memilih jalan hidup gw, bukan hanya sekedar bisa sekolah setinggi mungkin ato bisa kerja di kantoran, ato bebas dr pingitan orangtua....

ps: bisa gitu bebas dr aturan2 yg dibuat ortu sekalipun dah menikah?
kecuali ortu cuek ato emang di negeri2 barat sana

golas said...

mbak nitnot kan bisa mikir gitu soalnya emang cara pikirnya dah dewasa mba ...

tapi waktu saya masih kecil dan bau ingus dulu kan cuma perlu tau siapa itu kartini. masih perlu didoktrin sama rasa bangga punya pahlawan wanita macam ibu kartini.
itu sih pentingnya hari kartini buat saya ... hehehe ..

Anonymous said...

klo di tempat gw mah cuma ada perayaan 17an. kagak ada perayaan hari kartini, soalnya di sana ada beberapa pahlawan wanita sejenis kartini yang juga memperjuangkan emansipasi (bahkan menurut gw lebih nyata dari kartini). jadi susah juga klo dirayain semuanya.

eniwei, lomba perang pake tusuk konde terlihat cukup menarik tuh