To Kill A Mockingbird

Hoplaa!

Saya baru aja selese baca satu buku bagus. Judulnya To Kill A Mockingbird. Nyari bukunya aja udah kemana2. Di palasari sempet abis, di Gramed udah ilang (padahal dulu gw sembunyiin di rak). Untung nemu di Togamas masih ada sebiji.

Setting ceritanya klasik banget. Ya jelas, soalnya latarnya emang tahun 1930 (bener ga sih?). Lewat buku ini, pengarangnya, Nelle Harper Lee, mencoba memberikan petuah2 bijak tentang hidup melalui cerita.

To kill a mockingbird .. tebelnya 566 halaman. Pas buat nimpuk mockingbird.

Sedikit resensinya ...
Jadi ceritanya digambarkan dari sudut pandang orang pertama, Jean Louise (Scout) Finch. Umurnya sekitar 8 tahun, cewek tomboi dari Maycomb Country. Tapi kalau menurut saya, tokoh utamanya sebenernya itu justru bokapnya si Scout, namanya Atticus (siapanya Radicus Makancacus ya?). Seorang pengacara yang konon bijaksana.

Si Atticus ini ditunjuk untuk jadi pengacara sebuah kasus terkait dengan pemfitnahan seorang negro. Di zaman itu, orang negro masih jadi budak dan derajatnya di mata kaum kulit putih masih dianggap hina.

Jadi, di buku ini diceritain gimana si Atticus tadi mencoba memperjuangkan keadilan. Padahal kalau melihat kondisi masyarakat saat itu, harapan si Atticus buat menang jadi nyaris nggak ada. Tapi si Atticus ini punya prinsip bahwa satu hal yang tidak tunduk pada mayoritas adalah nurani seseorang. Yah ... emang beda lah kalau orang bijak mah ... minumnya tolak angin ...


Saya bukan tukang resensi yang baik nih. Pokoke ceritanya panjang, dalem dan menyentuh deh. Terus novel soal kehidupan so pasti banyak quote2 petuahnya donk ya ... dan ada satu petikan yang saya suka banget.
Keberanian adalah saat kau tahu kau akan kalah sebelum memulai, tetapi kau tetap memulai dan kau merampungkannya, apa pun yang terjadi.

Kewl, huh?

Itu petuah yang harusnya jadi motto setiap pembela kebenaran dan keadilan seperti Ultraman dan Gatot Kaca. Wajar kalo novel ini dapet penghargaan Pulitzer di tahun 1961. Di tahun 1964, novel ini sempet jadi bahan publikasi besar-besaran juga. Dan waktu brosing2 barusan, saya baru tau kalo pelemnya bahkan pernah dibuat. Ternyata tampang si Atticus itu kek yang di gambar samping. Kirain saya, tampangnya culun2 ga puguh gitu. Imajinasi yang melenceng. Ternyata ganteng juga si om Atticus ini, hohoho.

8 comments:

Unknown said...

baca ini gw langsung inget film nya steven spielberg.. yang judulnya amistad.. ceritanya mirip2, ttg budak negro dan perjuangan di peradilan kalo gak salah

Brahmasta said...

wah cumi yang rajin membaca.. :D

Syahdana said...

Eh... gw ga setuju ma quote-nya. Itu mah namanya berani mati, tapi mati konyol...

Anonymous said...

aaahhh... buku ini gw juga punya... udah dibaca tapi sekarang entah dimana/disiapa...

buku bagus

Anonymous said...

Lel, punya The Alchemist - Paolo Coelho gitu ga??? Saya kemaren baca Di Tepi Sungai Piedra, Aku Duduk dan Menangis-nya. Bagus sih, tapi klimaksnya malah mengecewakan. Ada quote yg bagus juga. Kek gini krg lebi:

Jatuh dari tingkat 3 sama sakitnya dengan jatuh dari tingkat 10. Bila aku harus memilih, maka aku akan memilih untuk jatuh dari tingkat yang paling atas

Sugooooiiiii.....

golas said...

@armyta
ada bon. tapi basa inggris, makanya gw ga kelar2 bacanya, huehehehe...

bon, quote-nya kok aneh banget sih! Itu mungkin maksudnya : 'kalo mampus, ya mampus aja sekalian !' gitu kali ya ...

Rika The Lost Wanderer said...

klo ga sala si ali punya deh bon, gw pernah minjem sama dia...

wew ada 2 temen gw yg ngbahas crita ini di blog ny dlm wkt berdekatan... hebat!

Anonymous said...

ini salah satu novel favorit gue :D